saya menulis untuk diri saya, dan apa yang pembaca baca adalah untuk pembaca. didalam tulisan saya, tidak merasa saya dan semua tulisan saya terkadang berisi tentang saya ^_^

Rabu, 30 Mei 2018

CONTOH RPP KESULITAN BELAJAR (DISGRAFIA)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama  Sekolah          : SMA TUNAS BANGSA
Satuan Pendidikan    : SMA
Jenis Ketunaan          : KESULITAN BELAJAR DISGAFIA
Kelas/Semester          : XII/II
Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Pokok Materi             : menulis karangan
Alokasi Waktu           : 2 JP x 40  menit ( 1 Pertemuan)                                                               

Kondisi Awal:
Siswa memililiki kecedercasan rata-rata, untuk kemampuan menghitung normal, kemampuan membaca normal, hanya untuk kemampuan menulisnya masih kurang. Tulisan tidak konsisten terkadang naik terkadang turun, terkadang huruf ukuran tidak sesuai
 

  1. Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anaksehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Mapel
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
12.  Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan ekspositif)
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif


C.    Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menuliskan karangan berdasarkan topic dengan benar
·         Siswa dapat menuliskan kata dengan ukuran huruf yang sama
·         Siswa dapat menyusun kata pada kalimat yang tepat
·         Siswa dapat menulis paragraf deduktif sederhana dari bacaan
·         Siswa dapat menuliskan paragraf induktif sederhana dari bacaan


D.    Materi Pembelajaran
1.      Mengamati bacaaan
2.      Menulis kalimat
3.      Menulis paragraph
4.      Menulis 2 kalimat dengan dikte

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan           : Saintifik
 (mengamati, menanya, menalar, mengomunikasikan, mencoba)
2.      Metode                  : Multi metode
                                                  (pemberian tugas,ceramah)

F.     Media/alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media atau alat belajar
a.       Bacaan berita berjudul petani belum merasakan kemakmuran
b.      Kertas bergaris
c.       Pensil berukuran besar


2.      Sumber Belajar
a.       Buku bahasa Indonesia SMA Kelas XII


G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Siswa berdoa
3.      Guru melakukan absensi
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari pembelajaran yang akan dipelajari
10 menit
Kegiatan Inti

-          Guru bertanya kepada siswa tentang pengertian paragraf (mengamati)
-          Siswa menjawab pertanyaan guru (mencoba)
-          Guru membetulkan jawaban siswa kemudian menjelaskan tentang paragraf yang terdiri dari paragaf deduktif dan induktif (mengamati)
-          Guru memberi contoh tentang paragraf deduktif dan siswa mencari kalimat utama pada paragraf (mencoba)
-          Siswa diberi penjelasan guru tentang kalimat induktif (mengamati)
-          Guru memberi contoh tentang paragraph induktif dan siswa mencari kalimat utama pada paragraf
-          Siswa membaca bacaan berjudul hadiah nobel dengan bimbingan guru  (mencoba)
-          Siswa mencari kalimat deduktif dan induktif dari bacaan hadiah nobel (mencoba)
-          Siswa diminta untuk menuliskannya dikertas (mencoba)
-          Sebelum menulis di buku, guru meminta siswa untuk memegang pensil, mengatur jarak mata dengan buku, dan menata posisi duduknya (mencoba)
-          Siswa menulis pada buku dengan menggunakan pensil, siswa berlatih menulis dengan perlahan dan tepat pada garis.
-          Selesai menulis guru mengoreksi tulisan siswa
-          Kemudian dilanjutkan dengan menulis 2 kalimat dengan dikte
-          Siswa menulis dibukunya
65 menit
Penutupan
-          Guru membimbing peserta didik merenungkan kegiatan apa saja yang dipelajari hari ini
-          Guru membimbing siswa untuk menyebutkan kegiatan menarik yang dilakukan hari ini
-          Guru bertanya tentang hal yang ingin diketahui berhubungan dengan pelajaran hari ini
-          Guru memberikan motivasi pada siswa untuk terus belajar dengan digiat
-          Guru memberikan tugas rumah yang dapat dikerjakan bersama dengan orang tua
-          Doa dan salam.
5        menit

H.    Penilaian
1.              Teknik penilaian
a.       Penilaian sikap                 :  Observasi (pengamatan)
b.      Penilaian Pengetahuan     :  Tes Lisan
c.       Penilaian Ketrampilan     :  Unjuk Kerja

2.              Instrumen penilaian
Terlampir


I.       Lampiran
1.      Lembar materi
-          Lembar kerja siswa (LKS)
-          Kunci Jawaban
-          Penilaian
Mengetahui,
Kepala SDLB-E Tunas Bangsa




Ingke Maria F, S.Pd
Malang, 9 Mei 2018
Guru Kelas XII




Ingke Maria F, S.Pd

                               

MATERI KELAS XII ANAK KESULITAN BELAJAR (Disgrafia)
Paragraf
Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Paragraf merupakan karangan singkat. Paragraf ada 3 yaitu paragraf deduktif, induktif dan campuran.
Paragraf deduktif adalah suatu paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Paragraf diawali dengan pernyataan yang bersifat umum ke pernyataan yang bersifat khusus
Ciri kalimat deduktif :
a.       Kalimat utama berada di awal paragraf
b.      Kalimat disusun dari pernyataan umum yang kemudian disusul dengan penjelasan-penjelasan
Contoh :
Kemacetan sudah menjadi hal yang biasa di Kota Jakarta. Kemacetan tersebut diseabkan oleh beberapa faktor antara lain. Pertama, jumlah kendaraan yang ada di Jakarta tidak seimbang dengan luasnya jalan. Kedua, Kurangnya kedisiplinan bagi semua pengguna jalan raya. Yang terakhir, Ketidak tegasna aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas

Paragrag induktif adalah kalimat utama yang teletak pada akhir paragraf. Paragraf diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang berupa fakta, contoh atau rincian yang kemudian disimpulkan di dalam satu kalimat pada akhir paragraf.
Ciri kalimat induktif
a.       Diawali dengan penjelasan khusus
b.      Kemudian disimpulkan berdasarkan penjelasan-penjelasan pada satu kalimat di akhir paragraf
Contoh :
Saat ini kita sudah memasuki musim penghujan. Banyak sampah yang menumpuk akibat kita erring membuang sampah sembarangan. Terlebih lagi, mendangkalnya permukaan saat ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan banjir selalu datang setiap hari.

HADIAH NOBEL

Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan penelitian luar biasa. Penghargaan diberikan kepada orang yang menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Saat ini Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa besar kepada dunia.
Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang telah menemukan dinamit. Ilmuwan ini terkejut melihat hasil penemuannya justru dimanfaatkan untuk tujuan yang merusak. Oleh sebab itulah dia membuat wasiat.
Pria kelahiran Swedia, 21 Oktober 1833 ini menandatangani wasiatnya di Swedish-Norwegian Club, Paris, pada 27 November 1895. Di dalam wasiat tersebut, Alfred menegaskan bahwa seluruh hartanya harus diinvestasikan dalam bentuk saham dan dipakai untuk mendirikan sebuah yayasan, yang labanya setiap tahun dibagikan dalam bentuk penghargaan bagi orang yang dinilai berjasa besar terhadap kemanusiaan.
Banyak pihak yang terkejut mengetahui isi wasiat tersebut, termasuk keluarganya. Kontroversi terus bergulir. Pro dan kontra terhadap isi wasiat terus terjadi, sehingga pemberian Hadiah Nobel baru bisa terlaksana lima tahun setelah Alfred Nobel wafat.
kedokteran, dan perdamaian pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm pada 1901. Sejak 1902, penghargaan ini secara formal dianugerahkan oleh Raja Swedia. Awalnya, Raja Oscar II tidak menyetujui pemberian penghargaan kepada orang asing. Namun, dia mengubah sikapnya setelah menyadari publisitas penghargaan tersebut terhadap negara Swedia.
Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahunnya pada 10 Desember, yaitu tanggal wafatnya Alfred Nobel. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober oleh komite dan institusi yang berwenang sebagai badan seleksi penerima penghargaan.
Kategori penghargaan yang diberikan setiap tahun sejak 1901 untuk Kerajaan Swedia, kimia ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Karolinska Institute, sastra ditentukan oleh the Swedish Academy, dan perdamaian ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting atau Parlemen Norwegia. Pada 1968, Sveriges Riksbank, Bank Swedia, menambah penghargaan dalam ilmu ekonomi. Ketegori ekonomi ini ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences.


TULISLAH IDE POKOK PADA PARAGRAF DIATAS. TENTUKAN TERMASUK PARAGRAF DEDUKTIF ATAU INDUKTIF

PARAGRAF
IDE POKOK
TERMASUK PARAGRAF
1.       





























2.       





























3.       





























4.       





























5.       





























6.       





























7.       































TULISLAH KALIMAT DIKTE DIBAWAH INI!

1.      Hadiah  Nobel  dianugerahkan setiap tahun kepada ilmuan yang melakukan penelitian luar biasa
2.      Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa besar kepada dunia.























PENILAIAN
Instrumen penilaian Pembelajaran
Kompetensi
Teknik
Proses
Hasil
Bentuk Instrumen
Sikap
Observasi (Langsung/ tidak langsung)
ü   
ü   
Lembar  observasi, daftar cek dan skala penilaian
Pengetahuan
Lisan/ tulisan

ü   
Daftar pertanyaan
Ketrampilan
Praktik menulis

ü   
Rubric penilaian



1.      PENILAIAN SIKAP
Lembar Observasi
         Nama                                  :  ..............................................
   Kelas                                  :  ..............................................
No
Aspek yang diamati
Tanggal
Catatan guru
1.
Cermat dalam menunjuk gambar tanda – tanda musim hujan


2.
Bertanggung jawab terhadap tugas individu


3
Percaya diri dalam menyelesaikan gambar



Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai !
No
Nama Siswa
Perubahan tingkah laku
Skor
Cermat
Bertanggung jawab
Percaya diri
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1.














2.














3.















Skor maksimal = 12

Skor =
Keterangan:
BT       : Belum terlihat
Apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal prilaku yang dinyatakan dalam indicator.
MT      : Mulai terlihat
Apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
MB      : Mulai berkembang
Apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda prilaku yang dinyatakan      dalam indikator dan mulai konsisten.
SM      : sudah membudaya
Apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten

2.      PENILAIAN PENGETAHUAN
Penilaian lisan
Penilaian membaca
Penilaian: Observasi (Pengamatan)

Lembar Kegiatan membaca
No
Kriteria
Ya
Tidak
1
Membaca dengan suara nyaring


2
Membaca tepat sesuai dengan bacaan


3
Membaca dengan intonasi


4
Membaca lancar



Hasil kegiatan membaca
No
Nama
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak






















Lembar Pengamatan
Penilaian ketrampilan menulis paragraf

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan huruf besar
Menggunakan huruf besar diawali kalimat dan tanda titik
Kesalahan 1-2 dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Kesalahan lebih dari 2 dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satupun kalimat yang menggunakan huruf besar dan titik
2
Kesesuaian isi teks yang ditulis dari paragraph
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai paragraph
Setengah atau lebih isi teks sesuai paragraf
Kurang dari setengah isi teks sesuai paragraf
Seluruh isi teks belum sesuaai dengan paragraf
3
Penulisan seluruh kata
Penulisan kata sudah tepat penulisannya
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
Penulisannya terpadat lebih 3 kata yang belum tepat
Belum tepat dalam penulisan


Penilaian ketrampilan menulis dikte

No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
4
3
2
1
1
Penggunaan huruf besar
Menggunakan huruf besar diawali kalimat dan tanda titik
Kesalahan 1-2 dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Kesalahan lebih dari 2 dalam penggunaan huruf besar dan tanda titik
Tidak satupun kalimat yang menggunakan huruf besar dan titik
2
Kesesuaian isi teks yang ditulis dari dikte
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dikte
Setengah atau lebih isi teks sesuai dikte
Kurang dari setengah isi teks sesuai dikte
Seluruh isi teks belum sesuaai dengan dikte
3
Penulisan seluruh kata
Penulisan kata sudah tepat penulisannya
Terdapat 1-2 kata yang belum tepat
Penulisannya terpadat lebih 3 kata yang belum tepat
Belum tepat dalam penulisan

Tidak ada komentar: