saya menulis untuk diri saya, dan apa yang pembaca baca adalah untuk pembaca. didalam tulisan saya, tidak merasa saya dan semua tulisan saya terkadang berisi tentang saya ^_^

Selasa, 08 November 2011

gizi anak





1.      Apa yang dimaksud pola pertumbuhan organ tubuh dengan mengikuti 4 pola yaitu pola umum, limfoid, neural, dan reproduksi?
Jawab  : 
Pertumbuhan organ-organ tubuh mengikuti 4 pola, yaitu pola umum, neural, limfoid,serta reproduksi :
-          Pola umum, yang meliputi pertumbuhan tulang, otot skeletal, sistem pencernaan, pernapasan, peredaran darah dan volume darah .Organ-organ yang mengikuti pola umum adalah tulang panjang, otot skelet, sistem pencernaan, pernafasan, peredaran darah, volume darah. Perkembangan otak bersama tulang-tulang yang melindunginya, mata, dan telinga berlangsung lebih dini. Otak bayi yang baru dilahirkan telah mempunyai berat 25% berat otak dewasa, 75% berat otak dewasa pada umur 2 tahun, dan pada umur 10 tahun telah mencapai 95% berat otak dewasa.
-          Pola neural yaitu pertumbuhan dari sistem saraf tubuh.
Sistem saraf otak merupakan sistem pusat dan komunikasi bagi tubuh manusia. Sistem syaraf meliputi otak, sumsum tulang belakang, serta syaraf –syaraf ferifer. Melalui pembedaan dan penyatuan, sel akan berkembang dan membesar ,dilapisi jaringan lemak berwarna putih yang disebut myline yang memiliki fungsi untuk meningkatkan efektifitas transmisi rangsang syaraf dan juga sekaligus sebagai insulator terhadap rangsangan syaraf yang salah.
Cerebral Cortex adalah bagian otak yang berfungsi mengontrol respon gerak yang disadari serta diperlukan untuk penguasaan bahasa ,berpikir abstrak dan semua proses kogntif. Perkembangan ini hampir sempurna pada saat anak berusia 4 tahun.
Cerebblum merupakan bagian otak yang berkembang paling akhirdan berfungsi dalm control temporal ( timing ), pengaturan gerak, terampil yang disadari serta untuk mempertahankan keseimbngan tubuh. Fungsi ini disempurnakan oleh vestibular lainnya, dimana informasi datang akan di transmit ke berbagai otot yang bertanggung jawab utnuk mempertahankan keseimbangan.
-          Pola lymfoid yang berfungsi menghasilkan sistem imun dalam tubuh .Pertumbuhan jaringan limfoid agak berbeda dengan dari bagian tubuh lainnya,pertumbuhan mencapai maksimum sebelum remaja kemudian menurun hingga mencapai ukuran dewasa. Fungsi utama dari sistem kekebalan adalah untuk mengidentifikasi antigen asing dan sel-sel tumor yang dapat menyebabkan penyakit dan untuk membasmi mereka dari sistem anda, sehingga tubuh tetap sehat dan bebas penyakit. Sistem kekebalan tubuh manusia bekerja melalui tingkat pertahanan. Kulit Anda bertindak sebagai garis pertahanan pertama saat menciptakan penghalang antara Anda dan menular bagian dalam dunia luar. Baik kebersihan pribadi dan kebersihan dan cukup asupan vitamin A membantu kulit Anda untuk melawan kuman dan bakteri. Set pertama ini fungsi biasanya disebut sebagai "alami" atau "bawaan" karena mereka adalah bawaan dan non-spesifik, bereaksi terhadap patogen umum. Manusia memiliki pelindung tambahan yang disebut sistem kekebalan adaptif atau kekebalan spesifik. Fungsi utama sistem imun adaptif adalah untuk mengidentifikasi antigen asing di hadapan diri dan menghancurkan patogen dan menyerang molekul beracun apapun yang mereka hasilkan. Salah satu tindakan perlindungan sistem kekebalan tubuh manusia adalah peradangan, sehingga diketahui bahwa patogen telah masuk ke dalam tubuh dan harus dikeluarkan. Gejala peradangan adalah kemerahan, nyeri dan pembengkakan, yang disebabkan oleh peningkatan aliran darah ke dalam jaringan. Peradangan dirangsang oleh faktor-faktor kimia yang dikeluarkan oleh sel-sel terluka dan berfungsi untuk membentuk penghalang fisik terhadap penyebaran infeksi.
-          Pola genital yaitu pertumbuhan dari organ reproduksi yag mulai aktif pada masa adolesen Sedangkan organ-organ reproduksi tumbuh mengikuti pola tersendiri, yaitu pertumbuhan lambat pada usia pra remaja, kemudian disusul pacu tumbuh pesat pada usia remaja. (Tanuwijaya, 2003; Meadow & Newell, 2002; Cameron, 2002 ) Tubuh terdiri dari berbagai macam komponen  sistem organ dan organ. Sebuah organ yang tumbuh berarti organ tersebut menjadi besar, karena sel-sel dan jaringan bertambah banyak. Selama pembiakan, sel berkembang menjadi sebuah alat (organ) dengan fungsi tertentu. Pada permulaannya , organ ini masih sederhana dan fungsinya belum sempurna. Lambat laun organ tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi organ yang matang, seperti yang diperlukan orang dewasa akan stimulasi mental berupa pola asuh yang baik.

2.      Apa yang akan anda lakukan terkait dengan upaya mempercepat atau meningkatkan pertumbuhan otak bayi? Jelaskan!
Jawab   :

Dengan melatih anak terus berbicara, memberikan banyak kosa kata agar ia terbiasa dan dapat mengingat, hingga ia bisa menirukannya. Kemudian juga
dengan diberikan makanan yang banyak mengandung  :

-       LEMAK
menurut Dr. William Sears, seorang dokter yang banyak menangani tumbuh kembang balita, keranjingan akan makanan yang serba rendah lemak dan rendah kolesterol ini sebaiknya tidak terbawa-bawa ketika bunda menyiapkan makanan untuk bayi. Bayi memerlukan lemak, bahkan dalam jumlah yang banyak. Kalori dalam ASI, 40-50 persennya merupakan lemak dan juga kaya kolesterol. Makanan seimbang bagi bayi harus mengandung kalori yag 40 persennya berbentuk lemak, dan 30-40 persen bagi anak usia 1-2 tahun. Mengapa? Di bawah ini beberapa alasannya:1.Lemak diperlukan sebagai penyimpanan terbesar sumber energi tubuh. Ada 6 kalori dalam 1 gram lemak, dua kali lebih banyak dari yang ada  dalam karbohidrat dan protein. 2.Otak yang sedang tumbuh juga memerlukan lemak yang tepat dan benar. Otak tumbuh lebih cepat selama tahun pertama kehidupan dibanding periode lainnya. Otak menggunakan 60 persen dari total energi. yang dikonsumsi bayi, dan 60 persen dari otak adalah lemak. Lemak pun menyediakan komponen-komponen utama bagi membran sel dalam otak dan sarung atau kantung myelin, yang menyekat saraf-saraf dalam otak dan ruas tulang belakang sehingga rangsangan saraf berjalan lebih efisien ke seluruh tubuh bayi yang tengah tumbuh. 3.Lemak adalah komponen dasar dalam hormon-hormon yang penting dan bagian yang berharga dalam membran sel, terutama sel-sel darah merah. 4.Lemak bersifat seperti kapal feri dalam menyerap dan mengantarkan atau mengalirkan vitamin A, D, E, dan K. 5.Lemak membuat makanan menjadi terasa enak. Bayi menyukai lemak dalam makanan yang terasa di mulut. 6.Lemak adalah makanan kaya gizi, terkemas dalam hampir semua kalori dalam jumlah paling kecil. Gizi ini begitu penting bagi bayi usia 1-2 tahun karena mereka biasanya merupakan pemilih makanan dan mengonsumsi sedikit makanan pada setiap waktu makan. 7.Karena ASI mengandung banyak lemak, dan bisa dibilang merupakan lemak terbaik yang diperoleh bayi. (untuk melihat secara detail manfaat ASI, klik rubrik Tentang ASI). Selain ASI sebagai sumber lemak terbaik, ikan laut dan sayuran juga merupakan sumber lemak yang baik. Bila diurutkan berdasarkan kandungan gizinya, lemak-lemak itu adalah: - makanan laut (khususnya ikan salmon) - minyak rami - avokad - minyak sayur - mentega kacang (mentega ini hanya diberikan setelah bayi berusia 2 tahun) Tiga sumber lemak teratas (ASI, makanan laut, dan minyak rami) adalah sumber-sumber yang kaya akan asam lemak omega-3, yang sangat penting bagi pertumbuhan otak yang optimal.

-          ASAM FOLAT
Jumlah Asam Folat yang dibutuhkan saat masa kehamilan adalah 600 mikrogram perhari per orang (2 hati ayam = 100 gram, mengandung 1.128 mikrogram asam folat). Ada tambahan 200 mikrogram perhari bagi ibu hamil dibandingkan orang dewasa normal.

Sumber Asam Folat bisa didapat dari brokoli, gandum, hati ayam, hati sapi, ginjal sapi, ikan kembung, kepiting, kacang-kacangan, jeruk mandarin, stroberi, dan bayam.
-          KOLIN
Kolin merupakan zat gizi penting yang perlu dikonsumsi pada makanan sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat ibu hamil, persediaan kolin dalam tubuh berkurang, jika tidak ditutupi kekurangan ini bisa mengakibatkan gangguan perkembangan otak janin. Kebutuhan kolin untuk ibu hamil harus sebesar 400 mg/hari. kolin bisa didapat dari konsumsi susu hamil 2 gelas per hari.
-          AA (Asam Arakidonat) - DHA (Dokosaheksaenoat)
Ibu hamil yang mengkonsumsi minyak hati ikan yang mengandung banyak DHA akan melahirkan bayi yang memiliki kemampuan mental lebih baik. AA dan DHA sangat penting untuk pertumbuhan otak, terutama pembentukan jaringan lemak otak (mylenisasi) dan interkoneksi antar saraf. Perkembangan jaringan penglihatan akan tumbuh dengan baik berkat AA. Jika mengalami kekurangan AA dan DHA akan mempengaruhi penurunan kembang mental dan intelektualitas pada anak.
OMEGA 6 (Asam Linoleat) dan OMEGA 3 (Asam Linolenat)
Kebutuhan omega-6 sebesar 1% dari kebutuhan energi yaitu 2,3 gr. Omega-6 dan omega-3 merupakan asam lemak essensial sebagai prekusor dari DHA dan AA yang dibutuhkan ibu hamil. Keduanya mampu meningkatkan kekuatan otak dan saraf penglihatan. Fungsi omega-3 secara khusus adalah membuat lentur pembuluh darah, menghindari terjadinya plak atau sumbatan pada pembuluh darah.

Omega-3 banyak terkandung dalam minyak ikan (lemuru, tuna, salmon), minyak kedelai, minyak zaitun dan minyak jagung. Omega-6 terkandung dalam minyak biji matahari, minyak salfflower dan minyak biji kapas, atau susu ibu hamil yang ditambah omega-3, omega-6 serta DHA.

Tidak ada komentar: