saya menulis untuk diri saya, dan apa yang pembaca baca adalah untuk pembaca. didalam tulisan saya, tidak merasa saya dan semua tulisan saya terkadang berisi tentang saya ^_^

Jumat, 23 Maret 2018

DEFINISI KETUNANETRAAN MENURUT PARA AHLI




Pengertian tunanetra menurut para ahli banyak macamnya. Kita ketahui sendiri menurut (KBBI:p:1971) tunanetra merupakan kondisi seseorang yang tidak dapat melihat. Anak yang mengalami ganggunan penglihatan juga didefinisikan sebagai anak yang rusak penglihatannya walaupun telah dibantu dengan perbaikan., masih mempunyai pengaruh yang merugikan bagi anak yang bersangkutan (scholl,1986:p.29)
Pengertian lain didapat dari Persatuan Tunanetra Indonesia/ pertuni (2004) ketunanetraan adalah mereka yang tidak memiliki penglihatan sama sekali (buta total)hingga mereka yang masih memiliki sisa penglihatan tetapi tidak mampu menggunakan penglihatannya untuk membaca tulisan biasa berukuran 12 point dalam keadaan cahaya normal meskipun dibantu dengan kacamata (kurang awas).
Menurut kaufman dan hallahan adalah individu yang memiliki lemah penglihatan atau akurasi penglihatan kurang dari 6/60 setelah di koreksi atau  tidak lagi memiliki penglihatan.
Menurut barrage,1983 (dalam wardani dkk, 2007:4.5) bahwa anak yang mengalami ketidakmampuan melihat adalah anak yang mempunyai gangguan atau kerusakan dalam penglihatannya sehingga menghambat prestasi belajar secara optimal, kecuali jika dilakukan penyesuaian dalam pendekatan-pendekatan penyajian pengalaman belajar, sifat-sifat bahan yang digunakan dan atau lingkungan belajar.
      Jadi, Tunanetra adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki penglihatan sama sekali (buta total) dan yang memiliki sedikit penglihatan tapi tidak mampu membaca tulisan biasa meskipun dibantu dengan kacamata. Akurasi penglihatannya kurang dari 6/60 sehingga mengganggung pengalaman dan lingkungan belajarnya

Tidak ada komentar: