Silabus.
BUMI DAN ALAM SEMESTA
1.Standar Kompetensi : Memahami
matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi Bumi dalam tata surya
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
Pembelajaran |
Penilaian |
Waktu |
SumberBelajar |
||||
Reguler |
ABK |
Reguler |
ABK |
Reguler |
ABK |
|||||
1.1 Mendeskipsikan
sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
|
Sistem Tata
Surya
|
·
Menjelaskan
pengertian tata surya.
·
Mengidentifikasi
kelompok benda langit (planet,
satelit, asteroid dll)
·
Mengurutkan
nama-nama planet dalam sistem tata surya.
·
Menjelaskan
pergerakan planet mengelilingi matahari.
|
·
Menjelaskan
pengertian tata surya.
·
Menyebutkan
nama planet dalam tata surya.
·
Menyebutkan
3 macam benda langit.
|
·
Mengamati
sistem tata surya (menggunakan gambar peraga dan video pembelajaran)
·
Menyebutkan
benda-benda langit
·
Menyebutkan
urutan planet yang beredar mengelilingi matahari.
·
Menjelaskan
pergerakan planet mengelilingi matahari dengan menggunakan gambar peraga.
|
·
Menyebutkan
macam benda-benda langit dengan melihat gambarnya
·
Menyebutkan
nama planet dan benda langit
·
Menggambar
matahari dan planet yang mengitarinya
|
Tes tulis
Tugas
kelompok
Hasil
kliping
|
Tes Lisan
Tes Tulis
Tugas
kelompok
Hasil karya
|
2
pertemuan@ 2 x 35 menit.
|
Buku IPA SD
KELAS VI semester II.
Berbagai
macam sajian data
Alat peraga
gambar planet
Video
pembelajaran sistem tata surya
LKS
|
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
Identitas
Satuan
Pendidikan : SDN X
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/
Semester : VI/II
Materi
Pembelajaran : Sistem Tata Surya
Alokasi
Waktu : 2 pertemuan @ 2x35 menit
I. Standart Kompetensi
1.1 Memahami
Matahari sebagai Pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
II. Kompetensi
Dasar
2.1 Mendiskripsikan
sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
III. Indikator
Regular
|
ABK (Tunagrahita)
|
·
Menjelaskan pengertian tata surya
|
·
Menjelaskan pengertian tata surya
|
·
Mengidentifikasi kelompok benda
langit (planet, satelit, asteroid,dll)
|
·
Menyebutkan nama planet dalam
sistem tata surya
|
·
Mengurutkan nama-nama planet
dalam sistem tata surya
|
·
Menyebutkan 3 macam benda langit
|
·
Menjelaskan pergerakan planet
mengelilingi matahari
|
IV. Tujuan Pembelajaran
Regular
|
ABK (Tunagrahita)
|
·
Setelah membaca buku materi,
siswa dapat menjelaskan pengertian tata surya
|
·
Dengan membaca buku materi, siswa dapat menjelaskan pengertian
tata surya
|
·
Dengan menyimak video
pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi kelompok benda langit (planet,
satelit, asteroid, dll)
|
·
Dengan menyimak video
pembelajaran, siswa dapat menyebutkan nama planet dalam sistem tata surya.
|
·
Dengan mengamati alat peraga,
siswa dapat mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
|
·
Dengan menyimak video, siswa
dapat menyebutkan 3 macam benda langit.
|
·
Dengan menyimak video
pembelajaran, siswa dapat menjelaskan pergerakan planet mengelilingi matahari
|
V. Materi :
Tata Surya
merupakan suatu sistem yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut Matahari
(dalam sistem tatasurya kita) dan semua objek atau benda langit yang mengelilinginya. Dalam tata surya kita,
objek yang mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya itu adalah planet
bersama satelitnya yang mengorbit secara elips, meteor, komet, asteroid, dan
planet-planet kecil .
Tata surya
merupakan suatu sistem yang terdiri alas matahari dan benda-benda langit yang
beredar mengelilinginya. Karena diedari oleh benda-benda langit di
sekelilingnya. matahari dikatakan sebagai pusat tata surya. Dalam peredarannya,
benda-benda langit tersebut mempunyai lintasan edar tertentu yang berbentuk
elips dengan matahari terletak pada salah satu fokusnya. Peredaran benda langit
mengelilingi matahari disebut revolusi. Adapun bidang edar yang terbentuk oleh
bumi disebut ekliptika. Dalam revolusinya, anggota tata surya pada suatu saat
berada pada jarak yang paling dekat dengan matahari (periheIium) dan pada saat
yang lain berada pada jarak yang paling jauh dari matahari (aphelium). Hal itu
dijelaskan oleh Johannes Kepler seperti berikut.
- Lintasan planet (anggota tala surya) berbentuk elips dengan matahari terletak pada salah satu titik fokusnya.
- Garis hubung planet dan matahari menyapu luasan yang sama dalam waktu yang sama (AMB = CMD).
Artinya,
gerak planet akan cepat jika dekat matahari dan lambat jika jauh dari matahari.
Penjelasan Kepler tersebut selanjutnya disebut hukum Kepler. Penjelasan pertama
disebut hukum I Kepler, sedangkan penjelasan kedua disebut hukum II Kepler.
Selain kedua hukum itu, sebenarnya masih ada hukum III Kepler. Hukum ini
menjelaskan perbandingan jarak antara planet dan matahari. Mengapa gerakan
planet-planet sangat teratur? Peredaran planet mengitari matahari dikendalikan
oleh gaya tarik-menarik anrara planet dan matahari yang disebut gaya gravitasi.
Jika jarak antara planet dan matahari makin dekat, gaya gravitasi yang terjadi
di antara keduanya makin besar. Akibatnya. gerak revolusi planet makin cepat.
Sebaliknya jika jarak antara matahari dan planet makiu jauh. gaya gravitasi
yang terjadi di antara keduanya makin kecil. Akibatnya. gerak revolusi planet
makin lambat. Hal ini sesuai dengan hukum Kepler.
Mengapa planet-planet dan anggota tata surya lainnya beredar mengelilingi matahari? Massa matahari sangat besar. sekitar 333.000 kali massa bumi. Adapun massa planet terbesar (Yupiter) hanya sekitar 300 kali massa bumi. Jadi, massa matahari hampir-hampir merupakan massa keseluruhan tata surya. Perbedaan massa yang sangat besar inilah yang menyebabkan seluruh anggota tata surya beredar mengelilingi matahari.
Mengapa planet-planet dan anggota tata surya lainnya beredar mengelilingi matahari? Massa matahari sangat besar. sekitar 333.000 kali massa bumi. Adapun massa planet terbesar (Yupiter) hanya sekitar 300 kali massa bumi. Jadi, massa matahari hampir-hampir merupakan massa keseluruhan tata surya. Perbedaan massa yang sangat besar inilah yang menyebabkan seluruh anggota tata surya beredar mengelilingi matahari.
Planet merupakan anggota tata surya yang berukuran
besar. Selain berevolusi, planet juga melakukan rotasi. yaitu berputar pada
sumbunya. Semua sumbu rotasi planet hampir mendekati tegak lurus terhadap
bidang orbitnya, kecuali sumbu rotasi planet Uranus. Sumbu rotasi planet Uranus
hampir sejajar terhadap bidang orbitnya. Setiap planet mempunyai periode
revolusi dan rotasi tertentu. Sampai sekarang, jumlah planet anggota tara surya
yang telah diketahui ada 8 buah. Planet-planet tersebut adalah Merkurius,
Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus. dan Neptunus.
Berdasarkan kedudukan garis edarnya planet-planet dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet yang garis edarnya terletak di antara garis edar bumi dan matahari yaitu Merkurius dan Venus. Adapun planet luar adalah planet-planet yang jarak garis edarnya dari matahari lebih jauh dari pada garis edar bumi. Yang termasuk planet luar adalah Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Di antara planet-planet tersebut yang dapat dilihat langsung dengan mata adaiah Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus.
Venus dan Yupiter merupakan planet yang tampak paling terang Venus hanya tampak di pagi hari atau sore hari. Venus mengalami perubahan wajah seperti bulan. Orang sering menyebut Venus sebagai bintang kejora. Adapun Yupiter merupakan planet yang paling besar. Itulah sebabnya, Yupiter tampak dari bumi sebagai bintang besar yang bercahaya terang. Yupiter selalu dikelilingi kabut yang mempunyai cincin. Planet lain yang juga bercincin adalah Saturnus. Bahkan, cincin Saturnus tampak lebih jelas dan indah. Itulah sebabnya Saturnus juga disebut planet bercincin.
Berdasarkan kedudukan garis edarnya planet-planet dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet yang garis edarnya terletak di antara garis edar bumi dan matahari yaitu Merkurius dan Venus. Adapun planet luar adalah planet-planet yang jarak garis edarnya dari matahari lebih jauh dari pada garis edar bumi. Yang termasuk planet luar adalah Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Di antara planet-planet tersebut yang dapat dilihat langsung dengan mata adaiah Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus.
Venus dan Yupiter merupakan planet yang tampak paling terang Venus hanya tampak di pagi hari atau sore hari. Venus mengalami perubahan wajah seperti bulan. Orang sering menyebut Venus sebagai bintang kejora. Adapun Yupiter merupakan planet yang paling besar. Itulah sebabnya, Yupiter tampak dari bumi sebagai bintang besar yang bercahaya terang. Yupiter selalu dikelilingi kabut yang mempunyai cincin. Planet lain yang juga bercincin adalah Saturnus. Bahkan, cincin Saturnus tampak lebih jelas dan indah. Itulah sebabnya Saturnus juga disebut planet bercincin.
VI. Model :
Pembelajaran Kooperatif
Metode :
Pengamatan, tanya jawab, demonstrasi alat peraga, ceramah
VII.
Kegiatan Belajar Mengajar (pertemuan pertama)
·
Kegiatan awal (Pendahuluan, ± 5 menit)
1. Siswa
berdoa dan mengucap salam, kemudian guru melakukan presensi terhadap siswa
2. Guru
bersama seluruh siswa dikelas menyanyikan lagu “bintang kecil”
·
Kegiatan inti (± 25 menit)
No
|
Fase
|
Peran
|
1
|
Menyampaikan tujuan dan memotivasi
siswa
|
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran
yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar
|
2
|
Mengorganisasikan siswa kedalam
kelompok belajar
|
·
Guru menjelaskan kepada siswa, bagaimana caranya
membentuk kelompok belajar.
·
Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5
anak, dimana ABK juga termasuk kedalam kelompok tersebut.
|
3
|
Menyajikan informasi
|
·
Dengan metode ceramah, guru menyampaikan informasi
dasar mengenai pengertian tata surya
·
Siswa membaca buku materi untuk mendapatkan
pengertian tata surya
·
Dengan menggunakkan alat peraga gambar, dan
pemutaran video pembelajaran tentang sistem tata surya, guru memberikan
penyajian informasi materi pada siswa.
|
4
|
Membimbing kelompok bekerja dan
belajar
|
·
Guru memberikan tugas individu dan kelompok kepada
siswa dalam bentuk tertulis dan penampilan presentasi, yang dikerjakan secara
berkelompok (diberikan untuk ABK dan regular)
·
Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas
kelompok dan tugas individunya.
·
Guru membimbing kelompok belajar dalam mengerjakan
tugas
|
5
|
Evaluasi
|
·
Guru mengevaluasi hasil belajar siswa melalui
tanya-jawab, begitu juga untuk siswa ABK
·
Guru mengevaluasi hasil belajar dan hasil kerja
melalui presentasi dan hasil tugas
kelompok.
·
Guru mengevaluasi hasil belajar siswa melalui
tugas individu, dan untuk ABK ditambah dengan hasil karya.
|
6
|
Memberi penghargaan
|
·
Guru memberikan reward kepada siswa
|
·
Kegiatan penutup (± 5 menit)
1. Guru
memberikan rangkuman butir-butir penting seluruh pembelajaran yang telah
dipelajari
2. Guru
memberikan PR untuk siswa regular, yaitu membuat klipping yang berkaitan dengan
tata surya, dan PR untuk siswa ABK, yaitu menggambar matahari dan planet yang
mengitarinya, dengan melihat contoh.
3. Guru
mengakhiri pelajaran dengan berdo’a bersama dan salam.
Kegiatan belajar mengajar (pertemuan kedua).
·
Kegiatan awal. (5 menit)
1. Guru
mengawali pembelajaran di kelas dengan salam dan berdoa bersama.
2. Gur
u melakukan presensi kehadiran siswa.
·
Kegiatan inti (25 menit)
No
|
Fase
|
Peran
|
1
|
Mengulang isi materi pembelajaran
sebelumnya.
|
Guru mengajak dan memebawa siswanya
untuk mengingat kembali materi yang sudah diajarkan sebelunya.
|
2
|
Presentasi tugas individu
|
·
Guru memeintah siswa untuk mempresentasikan tugas
individunya.
·
Guru menunjuk beberapa dari siswa reguler, dan
ABK, untuk menampilkan atau mmpresentasikan tugasnya..
|
3
|
Evaluasi tugas siswa.
|
·
Setelah siswa mempresentasikan tugasnya, guru
memberikan tanggapan/komentar, atau revisi terhadap pekerjaan siswa.
|
4
|
Pengumpulan tugas individu.
|
·
Setelah dipresentasikan atau dibahas ulang
bersama-sama, maka tugas dikumpulkan
untuk dievaluasi lebih lanjut.
|
6
|
Memberi penghargaan
|
·
Guru memberikan reward kepada siswa
|
·
Kegiatan penutup ( 5 menit)
1. Guru
memberikan kesimpulan terhadap presentasi tigas siswa, ataupuin hasil tugas itu
sendiri.
2. Guru
mengakhiri pemeblajaran dengan berdoa bersama.
VIII. Media
dan sumber belajar
1. Buku
IPA SD kelas VI semester II
2. LKS
3. Alat
Peraga
4. Gambar
Peraga
5. Video
Pembelajaran
6. Kliping
7. Hasil
karya (gambar milik siswa)
IX. Penilaian
A. Lembar
Kerja Kelompok
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Apakah
yang dimaksud dengan tata surya? Jelaskan!
2. Sebutkan
dan jelaskan 5 macam benda langit, dalam sistem tata surya!
3. Sebutkanlah
secara urut, planet yang terdekat dari matahari, sampai planet yang paling jauh
dari matahari!
4. Jelaskanlah,
bagaimana planet-planet dalam sistem tata surya bergerak mengelilingi matahari?
5. Jelaskanlah,
apa yang kalian ketahui mengenai satelit !
B. Lembar
tugas untuk Regular.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskanlah
pengertian dari sistem tata surya?
2. Apakah
perbedaan planet dengan bintang? Jelaskanlah!
3. Planet
ke dua yang paling dekat dengan matahari adalah planet venus. Deskripsikan apa
yang kamu ketahui mengenai planet venus?
4. Jelaskanlah
mengenai rotasi dan revolusi planet bumi!
C. Lembar
tugas untuk ABK
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Jelaskanlah,
apa pengertian dari sistem tata surya!
2. Sebutkanlah
nama-nama planet yang kamu ketahui!
3. Sebutkanlah
3 macam benda langit yang kamu ketahui
4. Gambarlah
matahari dan planet yang mengitarinya, dengan mencontoh pada gambar yang ada
pada buku paketmu! (sebagai PR)
Format penilaian
Kerja Kelompok
:
Aspek Penilaian
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1
|
Keaktifan
siswa dalam kelompok
|
||||
2
|
Proses
Diskusi
|
||||
3
|
Hasil
Kerja
|
Tugas Kliping (Reguler)
Aspek Penilaian
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1
|
Kesesuaian
dengan tema
|
||||
2
|
Kelengkapan
|
||||
3
|
Kerapian
|
||||
4
|
Ketepatan
waktu pengumpulan
|
Deskripsi
umum:
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
Tugas Menggambar (ABK)
Aspek Penilaian
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
|
1
|
Kejelasan
Maksud Gambar dgn materi
|
||||
2
|
Kerapian
dan kebersihan
|
||||
3
|
Kesesuaian
dengan materi
|
||||
4
|
Ketepatan
waktu pengumpulan
|
Deskripsi umum:
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................
5 komentar:
terima kasih
iya sama2
terima kasih ya mbk maria,
mbknya ada silabusnya kah?
silabus inklusi belum punya :)
Posting Komentar