saya menulis, kamu membaca dan kamu menilai saya ^_^

Rabu, 02 Mei 2012

contoh pembuatan Silabus dan RPP untuk sekolah Inklusi- TUGAS KULIAH




Silabus.


BUMI DAN ALAM SEMESTA
1.Standar Kompetensi : Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi Bumi dalam tata surya

Kompetensi Dasar

 

Materi

 

Indikator

Pembelajaran

Penilaian

 

  Waktu

    Sumber

     Belajar

Reguler

ABK

Reguler

ABK

Reguler

ABK

1.1 Mendeskipsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
Sistem Tata Surya
·   Menjelaskan pengertian tata surya.
·   Mengidentifikasi kelompok benda langit  (planet, satelit, asteroid dll)
·   Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya.
·   Menjelaskan pergerakan planet mengelilingi matahari.
·   Menjelaskan pengertian tata surya.
·   Menyebutkan nama planet dalam tata surya.
·   Menyebutkan 3 macam benda langit.

·   Mengamati sistem tata surya (menggunakan gambar peraga dan video pembelajaran)
·   Menyebutkan benda-benda langit
·   Menyebutkan urutan planet yang beredar mengelilingi matahari.
·   Menjelaskan pergerakan planet mengelilingi matahari dengan menggunakan gambar peraga.
·   Menyebutkan macam benda-benda langit dengan melihat gambarnya
·   Menyebutkan  nama planet dan benda langit
·   Menggambar matahari dan planet yang mengitarinya

Tes tulis
Tugas kelompok
Hasil kliping

Tes Lisan
Tes Tulis
Tugas kelompok
Hasil karya

2 pertemuan@ 2 x 35 menit.
Buku IPA SD KELAS VI semester II.
Berbagai macam sajian data
Alat peraga gambar planet
Video pembelajaran sistem tata surya
LKS





Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

Identitas         
Satuan Pendidikan      :  SDN X
Mata Pelajaran            :  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/ Semester           :  VI/II
Materi Pembelajaran   :  Sistem Tata Surya
Alokasi Waktu            :   2 pertemuan @ 2x35 menit

I.        Standart Kompetensi
1.1    Memahami Matahari sebagai Pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
II.    Kompetensi Dasar
2.1    Mendiskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya
III. Indikator
Regular
ABK  (Tunagrahita)
·         Menjelaskan pengertian tata surya
·         Menjelaskan pengertian tata surya
·         Mengidentifikasi kelompok benda langit (planet, satelit, asteroid,dll)
·         Menyebutkan nama planet dalam sistem tata surya
·         Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
·         Menyebutkan 3 macam benda langit
·         Menjelaskan pergerakan planet mengelilingi matahari



IV.  Tujuan Pembelajaran
Regular
ABK  (Tunagrahita)
·         Setelah membaca buku materi, siswa dapat menjelaskan pengertian tata surya
·         Dengan membaca buku  materi, siswa dapat menjelaskan pengertian tata surya
·         Dengan menyimak video pembelajaran, siswa dapat mengidentifikasi kelompok benda langit (planet, satelit, asteroid, dll)
·         Dengan menyimak video pembelajaran, siswa dapat menyebutkan nama planet dalam sistem tata surya.
·         Dengan mengamati alat peraga, siswa dapat mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
·         Dengan menyimak video, siswa dapat menyebutkan 3 macam benda langit.
·         Dengan menyimak video pembelajaran, siswa dapat menjelaskan pergerakan planet mengelilingi matahari


V.      Materi       :
Tata Surya merupakan suatu sistem yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut Matahari (dalam sistem tatasurya kita) dan semua objek atau benda langit  yang mengelilinginya. Dalam tata surya kita, objek yang mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya itu adalah planet bersama satelitnya yang mengorbit secara elips, meteor, komet, asteroid, dan planet-planet kecil .

Tata surya merupakan suatu sistem yang terdiri alas matahari dan benda-benda langit yang beredar mengelilinginya. Karena diedari oleh benda-benda langit di sekelilingnya. matahari dikatakan sebagai pusat tata surya. Dalam peredarannya, benda-benda langit tersebut mempunyai lintasan edar tertentu yang berbentuk elips dengan matahari terletak pada salah satu fokusnya. Peredaran benda langit mengelilingi matahari disebut revolusi. Adapun bidang edar yang terbentuk oleh bumi disebut ekliptika. Dalam revolusinya, anggota tata surya pada suatu saat berada pada jarak yang paling dekat dengan matahari (periheIium) dan pada saat yang lain berada pada jarak yang paling jauh dari matahari (aphelium). Hal itu dijelaskan oleh Johannes Kepler seperti berikut.
  1. Lintasan planet (anggota tala surya) berbentuk elips dengan matahari terletak pada salah satu titik fokusnya.
  2. Garis hubung planet dan matahari menyapu luasan yang sama dalam waktu yang sama (AMB = CMD).
Artinya, gerak planet akan cepat jika dekat matahari dan lambat jika jauh dari matahari. Penjelasan Kepler tersebut selanjutnya disebut hukum Kepler. Penjelasan pertama disebut hukum I Kepler, sedangkan penjelasan kedua disebut hukum II Kepler. Selain kedua hukum itu, sebenarnya masih ada hukum III Kepler. Hukum ini menjelaskan perbandingan jarak antara planet dan matahari. Mengapa gerakan planet-planet sangat teratur? Peredaran planet mengitari matahari dikendalikan oleh gaya tarik-menarik anrara planet dan matahari yang disebut gaya gravitasi. Jika jarak antara planet dan matahari makin dekat, gaya gravitasi yang terjadi di antara keduanya makin besar. Akibatnya. gerak revolusi planet makin cepat. Sebaliknya jika jarak antara matahari dan planet makiu jauh. gaya gravitasi yang terjadi di antara keduanya makin kecil. Akibatnya. gerak revolusi planet makin lambat. Hal ini sesuai dengan hukum Kepler.
Mengapa planet-planet dan anggota tata surya lainnya beredar mengelilingi matahari? Massa matahari sangat besar. sekitar 333.000 kali massa bumi. Adapun massa planet terbesar (Yupiter) hanya sekitar 300 kali massa bumi. Jadi, massa matahari hampir-hampir merupakan massa keseluruhan tata surya. Perbedaan massa yang sangat besar inilah yang menyebabkan seluruh anggota tata surya beredar mengelilingi matahari.
Planet merupakan anggota tata surya yang berukuran besar. Selain berevolusi, planet juga melakukan rotasi. yaitu berputar pada sumbunya. Semua sumbu rotasi planet hampir mendekati tegak lurus terhadap bidang orbitnya, kecuali sumbu rotasi planet Uranus. Sumbu rotasi planet Uranus hampir sejajar terhadap bidang orbitnya. Setiap planet mempunyai periode revolusi dan rotasi tertentu. Sampai sekarang, jumlah planet anggota tara surya yang telah diketahui ada 8 buah. Planet-planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus. dan Neptunus.
Berdasarkan kedudukan garis edarnya planet-planet dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet yang garis edarnya terletak di antara garis edar bumi dan matahari yaitu Merkurius dan Venus. Adapun planet luar adalah planet-planet yang jarak garis edarnya dari matahari lebih jauh dari pada garis edar bumi. Yang termasuk planet luar adalah Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Di antara planet-planet tersebut yang dapat dilihat langsung dengan mata adaiah Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus.
Venus dan Yupiter merupakan planet yang tampak paling terang Venus hanya tampak di pagi hari atau sore hari. Venus mengalami perubahan wajah seperti bulan. Orang sering menyebut Venus sebagai bintang kejora. Adapun Yupiter merupakan planet yang paling besar. Itulah sebabnya, Yupiter tampak dari bumi sebagai bintang besar yang bercahaya terang. Yupiter selalu dikelilingi kabut yang mempunyai cincin. Planet lain yang juga bercincin adalah Saturnus. Bahkan, cincin Saturnus tampak lebih jelas dan indah. Itulah sebabnya Saturnus juga disebut planet bercincin.
VI. Model       :  Pembelajaran Kooperatif
Metode     :  Pengamatan, tanya jawab, demonstrasi alat peraga, ceramah

VII.         Kegiatan Belajar Mengajar (pertemuan pertama)
·         Kegiatan awal   (Pendahuluan, ± 5 menit)
1.      Siswa berdoa dan mengucap salam, kemudian guru melakukan presensi terhadap siswa
2.      Guru bersama seluruh siswa dikelas menyanyikan lagu “bintang kecil”


·         Kegiatan inti (± 25 menit)
No
Fase
Peran
1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar
2
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok belajar
·         Guru menjelaskan kepada siswa, bagaimana caranya membentuk kelompok belajar.
·         Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 anak, dimana ABK juga termasuk kedalam kelompok tersebut.
3
Menyajikan informasi
·         Dengan metode ceramah, guru menyampaikan informasi dasar mengenai pengertian tata surya
·         Siswa membaca buku materi untuk mendapatkan pengertian tata surya
·         Dengan menggunakkan alat peraga gambar, dan pemutaran video pembelajaran tentang sistem tata surya, guru memberikan penyajian informasi materi pada siswa.
4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
·         Guru memberikan tugas individu dan kelompok kepada siswa dalam bentuk tertulis dan penampilan presentasi, yang dikerjakan secara berkelompok (diberikan untuk ABK dan regular)
·         Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas kelompok dan tugas  individunya.
·         Guru membimbing kelompok belajar dalam mengerjakan tugas
5
Evaluasi
·         Guru mengevaluasi hasil belajar siswa melalui tanya-jawab, begitu juga untuk siswa ABK
·         Guru mengevaluasi hasil belajar dan hasil kerja melalui presentasi dan  hasil tugas kelompok.
·         Guru mengevaluasi hasil belajar siswa melalui tugas individu, dan untuk ABK ditambah dengan hasil karya.
6
Memberi penghargaan
·         Guru memberikan reward kepada siswa

·         Kegiatan penutup (± 5 menit)
1.      Guru memberikan rangkuman butir-butir penting seluruh pembelajaran yang telah dipelajari
2.      Guru memberikan PR untuk siswa regular, yaitu membuat klipping yang berkaitan dengan tata surya, dan PR untuk siswa ABK, yaitu menggambar matahari dan planet yang mengitarinya, dengan melihat contoh.
3.      Guru mengakhiri pelajaran dengan berdo’a bersama dan salam.
Kegiatan belajar mengajar (pertemuan kedua).
·         Kegiatan awal. (5 menit)
1.      Guru mengawali pembelajaran di kelas dengan salam dan berdoa bersama.
2.      Gur u melakukan presensi kehadiran siswa.

·         Kegiatan inti (25 menit)
No
Fase
Peran
1
Mengulang isi materi pembelajaran sebelumnya.
Guru mengajak dan memebawa siswanya untuk mengingat kembali materi yang sudah diajarkan sebelunya.
2
Presentasi tugas individu
·         Guru memeintah siswa untuk mempresentasikan tugas individunya.
·         Guru menunjuk beberapa dari siswa reguler, dan ABK, untuk menampilkan atau mmpresentasikan tugasnya..
3
Evaluasi tugas siswa.
·         Setelah siswa mempresentasikan tugasnya, guru memberikan tanggapan/komentar, atau revisi terhadap pekerjaan siswa.
4
Pengumpulan tugas individu.
·         Setelah dipresentasikan atau dibahas ulang bersama-sama, maka tugas dikumpulkan  untuk dievaluasi lebih lanjut.

6
Memberi penghargaan
·         Guru memberikan reward kepada siswa



·         Kegiatan penutup ( 5 menit)
1.      Guru memberikan kesimpulan terhadap presentasi tigas siswa, ataupuin hasil tugas itu sendiri.
2.      Guru mengakhiri pemeblajaran dengan berdoa bersama.

VIII.     Media dan sumber belajar
1.      Buku IPA SD kelas VI semester II
2.      LKS
3.      Alat Peraga
4.      Gambar Peraga
5.      Video Pembelajaran
6.      Kliping
7.      Hasil karya (gambar milik siswa)

IX. Penilaian
A.    Lembar Kerja Kelompok
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Apakah yang dimaksud dengan tata surya? Jelaskan!
2.      Sebutkan dan jelaskan 5 macam benda langit, dalam sistem tata surya!
3.      Sebutkanlah secara urut, planet yang terdekat dari matahari, sampai planet yang paling jauh dari matahari!
4.      Jelaskanlah, bagaimana planet-planet dalam sistem tata surya bergerak mengelilingi matahari?
5.      Jelaskanlah, apa yang kalian ketahui mengenai satelit !

B.     Lembar tugas untuk Regular.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskanlah pengertian dari sistem tata surya?
2.      Apakah perbedaan planet dengan bintang? Jelaskanlah!
3.      Planet ke dua yang paling dekat dengan matahari adalah planet venus. Deskripsikan apa yang kamu ketahui mengenai planet venus?
4.      Jelaskanlah mengenai rotasi dan revolusi planet bumi!

C.     Lembar tugas untuk ABK
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Jelaskanlah, apa pengertian dari sistem tata surya!
2.      Sebutkanlah nama-nama planet yang kamu ketahui!
3.      Sebutkanlah 3 macam benda langit yang kamu ketahui
4.      Gambarlah matahari dan planet yang mengitarinya, dengan mencontoh pada gambar yang ada pada buku paketmu! (sebagai PR)
Format penilaian
Kerja Kelompok  :
Aspek Penilaian
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1
Keaktifan siswa dalam kelompok




2
Proses Diskusi




3
Hasil Kerja





Tugas Kliping (Reguler)
Aspek Penilaian
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1
Kesesuaian dengan tema




2
Kelengkapan




3
Kerapian




4
Ketepatan waktu pengumpulan




 Deskripsi umum: .................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
Tugas Menggambar (ABK)
Aspek Penilaian
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
1
Kejelasan Maksud Gambar dgn materi




2
Kerapian dan kebersihan




3
Kesesuaian dengan materi




4
Ketepatan waktu pengumpulan




Deskripsi umum:
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................


5 komentar:

Eko Rudiyanto mengatakan...

terima kasih

maria febriyanti mengatakan...

iya sama2

Fahmi Mujahidillah mengatakan...

terima kasih ya mbk maria,

Fahmi Mujahidillah mengatakan...

mbknya ada silabusnya kah?

maria febriyanti mengatakan...

silabus inklusi belum punya :)